Pamandiran Pamakai:Ezagren: Pabidaan ralatan

775 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
(→‎Linguistik: palih hanyar)
Aksen hanya berhubungan dengan cara pengucapan. Sementara dialek itu merupakan "cabang" dari bahasa, yang istilah dan struktur antara dialek pun bisa berbeda sama sekali.
Harus ada konvensi untuk ini di Wikipedia Bahasa Banjar ini. Jadi di dalam artikel kita memakai "logat" sebagai padanan untuk "aksen" atau "dialek"? Saya pribadi lebih memilih logat = aksen seperti yang dipakai sehari-hari di negeri ini.[[Pengguna:Jiwa Matahari|Jiwa Matahari]] 14:18, 6 Mai 2011 (ICT)
:Ulun lain ahli Bahasa Arab, tagal lugat atawa lahjah (لهجة) dalam Bahasa Arab itu pada dasarnya memang ambigu, bisa berarti "dialek" bisa jua berarti "aksen". Istilah spesifik gasan "aksen" itu mungkin "luknah" (لكنة). Intinya dalam Bahasa Arab, tidak ada kata/istilah yang merujuk khusus pada "dialek" sehingga tidak menjadi sumber yang valid (makanya Wikipedia Malaysia juga tampak bingung menerjemahkan aksen dan dialek). Ulun sarankan untuk memakai serapan "dialek" dan "aksen" saja sesuai pedoman kata serapan dalam Wikipedia untuk menghindari kesalahpahaman. Istilah spesifik gasan Gasan Masqat lawan Damsyik, itu nang kaya ulun tulisakan di Warung Kupi, yaitu mamakay ngaran asli nagari nitu. [[Pengguna:Jiwa Matahari|Jiwa Matahari]] 11:27, 11 Mai 2011 (ICT)
376

suntingan