Parut lilit: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Botrie (pandir | sumbangan)
s Robot: Perubahan kosmetika
Botrie (pandir | sumbangan)
s Bot: Penggantian teks otomatis (-dengan +lawan)
Baris 3:
 
 
'''Parut lilit''' / '''Ucus puang''' atau '''jejunum''' (terkadang sering ditulis '''yeyunum''') adalah bagian kedua dari [[usus halus]], di antara [[usus dua belas jari]] (duodenum) dan [[usus penyerapan]] (ileum). Pada [[manusia]] dewasa, panjang seluruh usus halus antara 2-8 [[meter]], 1-2 meter adalah bagian usus kosong. Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh denganlawan [[mesenterium]].
 
Permukaan dalam usus kosong berupa membran mukus dan terdapat jonjot usus (vili), nang memperluas permukaan dari usus. Secara [[histologi]]s dapat dibedakan denganlawan usus dua belas jari, yakni berkurangnya [[kelenjar Brunner]]. Secara hitologis pula dapat dibedakan denganlawan usus penyerapan, yakni sedikitnya [[sel goblet]] dan [[plak Peyeri]]. Sedikit sulit untuk membedakan usus kosong dan usus penyerapan secara makroskopis.
 
''Jejunum'' diturunkan dari kata sifat ''jejune'' nang berarti "lapar" dalam bahasa Inggris modern. Arti aslinya berasal dari bahasa Laton, ''jejunus'', nang berarti "kosong".