Tutang: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Botrie (pandir | sumbangan)
s Bot: Penggantian teks otomatis (-keturunan +katurunan)
Botrie (pandir | sumbangan)
s Bot: Penggantian teks otomatis (-orang +urang)
Baris 1:
'''Tutang''' atawa '''tato''', lamun tato ba'asal tumatan kata Tahitian / Tatu, nang ba'isi arti : menandakan sesuatu. '''Tutang''' atau '''tato''' ([[Bahasa Inggris]]: ''tattoo'') adalah suatu tanda nang dibuat lawan memasukkan [[pigmen]] ka dalam [[kulit]]. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit [[manusia]] atau [[hewan]]. Rajah pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara rajah pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi.
 
Rajah merupakan praktek nang ditemukan hampir di semua tempat lawan fungsi sesuai lawan adat setempat. Rajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorangseseurang. Rajah digunakan secara luas oleh orangurang-orangurang [[Polinesia]], [[Filipina]], [[Kalimantan]], [[Afrika]], [[Amerika Utara]], [[Amerika Selatan]], [[Mesoamerika]], [[Eropa]], [[Jepang]], [[Kamboja]], serta [[Tiongkok]]. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu nang populer di dunia.
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar (lukisan) pada bagian (anggota) tubuh.
Baris 15:
=== Teknik Pembuatan Tato ===
 
Ada berbagai cara dalam pembuatan tato. Ada nang menggunakan tulang binatang sebagai jarum seperti nang dapat dijumpai pada orangurang-orangurang [[Eskimo]], [[Suku Dayak]] lawan duri pohon jeruk, dan ada pula nang menggunakan [[tembaga]] panas untuk mencetak gambar naga di kulit seperti nang dapat ditemui di [[Cina]]. Bukannya kada sakit dalam proses membuat tato. Sebenarnya rasa sakit pasti dialami ketika membuat tato di tubuh, namun karena nilai nang tinggi dari tato, dan harga diri nang didapatkan, maka rasa sakit itu kada dianggap masalah.
 
Ada berbagai jenis dan ragam bentuk tato, tergantung lawan apa nang dipercaya oleh suku-suku bersangkutan, dan di setiap daerah umumnya memiliki persepsi nang berbeda-beda tentang tato, meski pada prinsipnya hampir sama.