Tutang: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Botrie (pandir | sumbangan)
s Bot: Penggantian teks otomatis (-orang +urang)
Botrie (pandir | sumbangan)
s Bot: Penggantian teks otomatis (-menjadi +manjadi)
Baris 1:
'''Tutang''' atawa '''tato''', lamun tato ba'asal tumatan kata Tahitian / Tatu, nang ba'isi arti : menandakan sesuatu. '''Tutang''' atau '''tato''' ([[Bahasa Inggris]]: ''tattoo'') adalah suatu tanda nang dibuat lawan memasukkan [[pigmen]] ka dalam [[kulit]]. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit [[manusia]] atau [[hewan]]. Rajah pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara rajah pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi.
 
Rajah merupakan praktek nang ditemukan hampir di semua tempat lawan fungsi sesuai lawan adat setempat. Rajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseurang. Rajah digunakan secara luas oleh urang-urang [[Polinesia]], [[Filipina]], [[Kalimantan]], [[Afrika]], [[Amerika Utara]], [[Amerika Selatan]], [[Mesoamerika]], [[Eropa]], [[Jepang]], [[Kamboja]], serta [[Tiongkok]]. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadimanjadi sesuatu nang populer di dunia.
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar (lukisan) pada bagian (anggota) tubuh.
Baris 8:
=== Wayahapa seni merajah tubuh/ tato mulai ada? ===
[[Barakas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Getatoeëerde Dajak Borneo TMnr 10002836.jpg|thumb|200px|Sa'ikung lalakian urang pria Biaju manampaiakan tutang di dada dan parut sidin. Foto matan koleksi Tropenmuseum Amsterdam.]]
Keberadaan merajah tubuh di dalam kebudayaan dunia sudah sangat lama ada dan dapat dijumpai di seluruh sudut dunia. Menurut sejarah, ternyata [[rajah tubuh]] sudah dilakukan sejak 3000 tahun [[SM]] (sebelum Masehi). Tato ditemukan untuk pertama kalinya pada sebuah mumi nang terdapat di [[Mesir]]. Dan konon hal itu dianggap nang menjadikanmanjadikan tato kemudian menyebar ke suku-suku di dunia, termasuk salah satunya suku Indian di [[Amerika Serikat]] dan [[Polinesia]] di [[Asia]], lalu berkembang ke seluruh suku-suku dunia salah satunya suku Dayak di Kalimantan.
 
Tato dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tato.