Abdomén: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
hanyar
 
Kadada kasimpulan babakan
Baris 1:
[[BerkasBarakas:Abdomen_%28PSF%29.jpg|thumb|right|250px|PerbandinganPambandingan abdomenabdomén manusia danwan semutsamut.]]
'''AbdomenAbdomén''' adalah istilah yangnéang digunakandiguna'akan untukhagan menyebutmanyambat bagianhagian darimatan tubuhawak yangnang beradabarada di antara [[thorax]] atauatawa dada danwan [[pelvis]] di hewanbinatang [[mamalia]] danwan [[vertebratavértébrata]] lainnya. Pada [[arthropoda]], abdomenabdomén adalah bagianhagian paling [[istilah lokasilukasi anatomianatumi|posterior]] tubuhawak, yangnang beradabarada di belakangbalakang thorax atauatawa [[cephalothorax]] (sefalotoraks).<ref>Abdomen. (n.d.). Dictionary.com Unabridged (v 1.1). URL: http://dictionary.reference.com/browse/abdomen [Accessed: 22 Oct 2007]</ref>. Dalam bahasa IndonesiaIndunisia umum, seringrancak pulajua disebutdisambat denganlawan ''perutparut''. BagianHagian yangnang ditutupiditukupi atauatawa dilingkupi olehulih abdomenabdomén disebutdisambat [[cavitas abdominalis]] atauatawa ronggarungga perutparut.
 
== Sumbar ==
'''Abdomen''' adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bagian dari tubuh yang berada di antara [[thorax]] atau dada dan [[pelvis]] di hewan [[mamalia]] dan [[vertebrata]] lainnya. Pada [[arthropoda]], abdomen adalah bagian paling [[istilah lokasi anatomi|posterior]] tubuh, yang berada di belakang thorax atau [[cephalothorax]] (sefalotoraks).<ref>Abdomen. (n.d.). Dictionary.com Unabridged (v 1.1). URL: http://dictionary.reference.com/browse/abdomen [Accessed: 22 Oct 2007]</ref>. Dalam bahasa Indonesia umum, sering pula disebut dengan ''perut''. Bagian yang ditutupi atau dilingkupi oleh abdomen disebut [[cavitas abdominalis]] atau rongga perut.
 
== Vertebrata ==
Pada vertebrata, abdomen adalah sebuah rongga besar yang dililingkupi oleh otot-otot perut pada bagian [[istilah lokasi anatomi|ventral]] dan [[istilah lokasi anatomi|lateral]], serta adanya [[kolumna spinalis]] di sebelah [[istilah lokasi anatomi|dorsal]]. Bagian atas abdomen berbatasan dengan tulang iga atau costae. Cavitas abdomninalis berbatasan dengan cavitas thorax atau rongga dada melalui [[otot diafragma]] dan sebelah bawah dengan cavitas pelvis atau rongga panggul.
 
Antara cavitas abdominalis dan cavitas pelvis dibatasi dengan membran serosa yang dikenal dengan sebagai [[peritoneum parietalis]]. Membran ini juha membungkus organ yang ada di abdomen dan menjadi [[peritoneum visceralis]].<ref>Peritoneum. The Veterinary Dictionary. Elsevier, 2007. http://www.answers.com/topic/peritoneum [Accessed: 22 Oct 2007]. </ref>
 
Pada vertebrata, di dalam abdomen terdapat berbagai sistem organ, seperti sebagian besar organ sistem pencernaan, sistem perkemihan. Berikut adalah organ yang dapat ditemukan di abdomen:
* Komponen dari saluran cerna: [[lambung]] (gaster), [[usus halus]], [[usus besar]] (kolon), [[caecum]], [[umbai cacing]] atau appendix.
* Organ pelengkap dai saluran cerna seperti: [[hati]] (hepar), [[kantung empedu]], dan [[pankreas]].
* Organ saluran kemih seperti: [[ginjal]], [[ureter]], dan [[kantung kemih]] (vesica urinaria).
* Organ lain seperti [[limpa]] (lien).
 
Terdapat pula organ khusus yang khas pada beberapa hewan seperti struktur lambung pada [[ruminansia]] yang dibagi menjadi empat ruangan, [[rumen]], [[retikulumn]], [[omasum]], [[abomasum]].<ref>"Ruminant." The Veterinary Dictionary. Elsevier, 2007. http://www.answers.com/topic/ruminant [Accessed: 22 Oct 2007].</ref>.
 
== Avertebrata ==
[[Berkas:Scheme ant worker anatomy-en.svg|thumb|right|300px|Struktur pada semut pekerja.]]
 
Pada avertebrata, abdomen tersusun atas lempengan atas konkaf yang disebut [[tergit]] dan lememng bawah yang konveks atau [[sternit]]. Di dalam abdomen terdapat saluran pencernaan dan organ reproduksi.
 
Tidak seperti arthropoda lainnya, serangga tidak memiliki kaki di abdomen pada bentuyk dewasa, walaupun pada [[Protura]] terdapat kaki yang rudimenter (tidak berkembang) di tiga segmen abdomen pertama.
 
== Referensi ==
{{reflist}}
 
{{AnatomiAnatumi manusia}}
{{Anatomi manusiaanatumis-tub}}
 
[[Kategori:Anatomi]]
 
[[Tumbung:Anatumi]]
SCHWÄNZE LUTSCHEN IHR MUTTERFICKER
 
[[an:Abdomen]]