Wikipidia:Wikipidiawan: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
hanyar
(Kadada bida)

Ralatan matan 28 Uktubir 2010 01.15

Wikipediawan adalah orang yang menulis dan menyunting artikel untuk Wikipedia. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa istilah Wikipedis mungkin lebih sesuai, seperti halnya seorang ensiklopedis adalah kontributor dari suatu ensiklopedia. Pada akhirnya kemudian digunakan istilah Wikipediawan yang dianggap lebih cocok untuk menyebut peranan dari kelompok atau komunitas. Dalam pengertian ini, Wikipediawan adalah orang-orang yang membentuk Komunitas Wikipedia.

Jumlah Wikipediawan di Wikipedia bahasa Indonesia pada saat ini telah mencapai 14.654 — yakni total pengguna terdaftar, ditambah sejumlah kontributor tak terdaftar yang jumlahnya cukup banyak. Informasi statistik yang mendetail tentang Wikipedia dapat ditemukan di Wikipedia:Statistik.

Keanekaragaman Wikipediawan menjadikan hampir mustahil untuk membuat pernyataan yang pasti mengenai para Wikipediawan secara menyeluruh. Profil tentang para Wikipediawan dapat ditemukan di halaman pengguna mereka masing-masing, akan tetapi, pengguna tidak diharuskan untuk membuat ataupun menuliskan profil mereka di halaman tersebut.

Ada sebagian kalangan mungkin beranggapan bahwa para Wikipediawan adalah seperti koloni semut sedunia tanpa seekor (seorang) ratu, dan para pengguna dapat menentukan sendiri apa peranan yang ingin mereka lakukan di Wikipedia. Ada Wikipediawan yang suka memberikan ucapan selamat datang dan beberapa memberikan penghargaan bagi yang mereka anggap layak. Ada yang memuat berkas-berkas, ada yang menulis tentang sejarah, ada yang merapikan tatabahasa, dan ada juga yang berusaha memerangi vandalisme. Banyak yang berperan mengerjakan semuanya sekaligus. Apapun pilihan Anda, setiap kontribusi Wikipediawan sangat berharga.