Parut lilit: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Medium69 (pandir | sumbangan)
sKadada kasimpulan babakan
s clean up using AWB
Baris 1:
[[Barakas:Stomach colon rectum diagram.svg|thumb|Diagram usus halus (terlabel ''small intestine'').]]
 
 
 
'''Parut lilit''' / '''Ucus puang''' atau '''jejunum''' (terkadang sering ditulis '''yeyunum''') adalah bagian kedua dari [[usus halus]], di antara [[usus dua belas jari]] (duodenum) dan [[usus penyerapan]] (ileum). Pada [[manusia]] dewasa, panjang seluruh usus halus antara 2-8 [[meter]], 1-2 meter adalah bagian usus kosong. Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh lawan [[mesenterium]].
 
Permukaan dalam usus kosong berupa membran mukus dan terdapat jonjot usus (vili), nang memperluas permukaan dari usus. Secara [[histologi]]s dapat dibedakan lawan usus dua belas jari, yakni berkurangnya [[kelenjar Brunner]]. Secara hitologis pula dapat dibedakan lawan usus penyerapan, yakni sedikitnya [[sel goblet]] dan [[plak Peyeri]]. Sedikit sulit untukgasan membedakan usus kosong dan usus penyerapan secara makroskopis.
 
''Jejunum'' diturunkan dari kata sifat ''jejune'' nang berarti "lapar" dalam bahasa Inggris modern. Arti aslinya berasal dari bahasa Laton, ''jejunus'', nang berarti "kosong".
Baris 11 ⟶ 9:
== Pranala luar ==
* {{En}} [http://www.gastrolab.net/bb12je.htm Gastrolab.net:The Jejunum]
* {{En}} [http://www.thehealthnews.org/news/06/08/01/Peyers.Patches.html Peyer's patches]
 
{{Sistim pancarnaan}}