Arjuna: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Alamnirvana (pandir | sumbangan)
Kadada kasimpulan babakan
Tag: Babakan HP Babakan wéb HP
Alamnirvana (pandir | sumbangan)
Baris 52:
== Masa a'anuman wan pendidikan ==
[[Berkas:Test of Dronacharya.jpg|ka|jmpl|260px|[[Drona]] menguji kemampuan memanah murid-muridnya. Ilustrasi dari ''Mahabharata'' terbitan Gorakhpur Geeta Press.]]
Arjuna dididik baimbaiyan lawan dangsanak wan sapupunya (para [[Pandawa]] dan [[Korawa]]) oleh [[Drona]]. Kemahirannya dalam ilmu memanahmamanah sudah talihat tumat hahalusan. Pada usia muda inya mendapatmandapat gelargalar ''Maharathi'' atawa "kesatria terkemuka". Dalam suatu ujian, Drona maandajmaandak burung kayu di atas pohonpuhun, lalu menyuruhmanyuruh muridnya tunggal ikungan cagar membidikmauntingk burung nangitu, kemudian manakunakan apa haja nang sudah merekabuhannya lihat. Banyak murid nang menjawabmanjawab bahuwa merekabubuhan melihatmalihat pohonpuhun, cabang, rantingcikang, dan segala sesuatu nang parak lawan burung tersebutnangitu, termasuktamasuk burung itu sawrang. Kutika tiba giliran Arjuna cagar membidikmaunting, Drona manakunakan apa nang dilihatnya. Arjuna menjawabmanjawab bahuwa inya hanya melihatmalihat burung haja, kahada melihatmalihat bendabanda nang lainnya. Hal itu maulah Drona kagum dan meyakinkannyamayakinkannya bahuwa Arjuna sudah pintarharat.
 
Pada suatu hari, ketikakutika [[Drona]] sedangrahatan mandi di [[sungai Gangga]], seekorsaikung [[buaya]] datang mengigitnyamaigut inya. Drona dapatkawa membebaskanmambibaskan dirinya dengan mudah, tetapi karena ingin menguji keberanian murid-muridnya maka ia berteriak meminta tolong. Di antara murid-muridnya, hanya Arjuna yang datang memberi pertolongan. Dengan panahnya, ia membunuh buaya yang menggigit gurunya. Atas pengabdian Arjuna, Drona memberikan sebuah ''[[Astra (senjata)|astra]]'' yang bernama ''Brahmasirsa''. Drona juga mengajarkan kepada Arjuna tentang cara memanggil dan menarik ''astra'' tersebut. Menurut ''[[Mahabharata]]'', [[Brahmasirsa]] hanya dapat ditujukan kepada [[Dewa (Hindu)|dewa]], [[raksasa]], setan jahat, dan makhluk sakti yang berbuat jahat, agar dampaknya tidak berbahaya.
 
== Arjuna mendapatkan Dropadi ==