Gravitasi: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
pindah tag ke atas
Mnam23 (pandir | sumbangan)
Kadada kasimpulan babakan
Baris 2:
'''Gravitasi''' atawa '''gravitas''' adalah [[gaya]] [[tarik-manarik]] nang tajadi antara sabarataan [[daptar partikal|partikal]] nang baisi [[massa]] di [[alam semesta]]. Gravitasi matahari maakibatakan banda-banda langit baandak pada orbit masing-masing dalam mangitari [[matahari]]. Fisika modern manjalasakan gravitasi mamakai [[Teori Relativitas Umum]] matan [[Einstein]], namun hukum gravitasi universal [[Isaac Newton|Newton]] nang tasadarhana merupakan hampiran nang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.
 
SebagaiSawagai contoh, [[bumi]] yangnang memilikibaisi massa yangnang sangatganal besarbanar menghasilkanmahasilakan gaya gravitasi yangnang sangatganal besarbanar untukgasan menarikmanjuhut bendabanda-bendabanda di sekitarnyaparaknya, termasuktamasuk [[makhluk hidup]], danwan bendabanda-bendabanda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ininaya jugamanarik menarik bendabanda-bendabanda yangnang ada di luar angkasa, sepertinang kaya [[bulan]], [[meteor]], danwan bendabanda angkasa lainnyanang lain, termasuktamasuk [[satelit]] buatanulahan manusia.
 
BeberapaBabarapa teori yangnang belumbalum dapatkawa dibuktikandibuktiakan menyebutkanmanyambatakan bahwa gaya gravitasi timbul karenamarga adanya partikelpartikal [[graviton]] dalam setiapsatiap [[atom]].
 
== Hukum Gravitasi Universal Newton ==
{{Main|Hukum gravitasi universal Newton}}
Hukum gravitasi universal Newton dirumuskandirumusakan sebagaisawagai berikutimbahni:
 
:Setiap massa menarik massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan [[kuadrat]] jarak antara kedua massa titik tersebut.