Danaw: Pabidaan ralatan

Konten dihapus Konten ditambahkan
hanyar
 
Kadada kasimpulan babakan
Baris 7:
Kebanyakan danau adalah [[banyu tawar]] dan jua banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian nang labih atas.
 
Sebuah danau [[periglasial]] adalah danau yangnang di salah satunyaasanya terbentuktabantuk [[lapisan es]], "[[ice cap]]" atauatawa gletser, es ini menutupimanutupi aliran airbanyu keluarkaluar danau.
 
Istilah danau jugajua digunakan untukgasan menggambarkanmanggambarakan fenomena seperti [[Danau Eyre]], di mana danau ini keringkaring di banyak waktu dan hanya terisitaisi pada saat musim hujan. Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untukgasan penyediaanpanyadiaan tenaga [[listrik-hidro]], [[rekreasi]] ([[berenangBakunyung/Bekunyung]], [[selancar angin]], dll), persediaanpasadiaan airbanyu, dll.
 
[[Finlandia]] dikenal sebagai "TanahBanua SeribuSaribu Danau" dan [[Minnesota]] dikenal sebagai "TanahBanua SepuluhSapuluh Ribu Danau". ''[[Great Lakes]]'' di [[Amerika Utara]] jugajua memilikima'ampuni asal dari [[zaman es]]. Sekitar 60% danau dunia terletakta'andak di [[Kanada]]; ini dikarenakan sistem pengaliran kacau yangnang mendominasimanduminasi negara ini.
 
Di [[bulan]] ada wilayah gelap berbasal, mirip [[mare bulan]] tetapi lebihlabih kecilhalus, yangnang disebutdisambat ''lacus'' (dari [[bahasa Latin]] yangnang berarti "danau"). Mereka diperkirakan oleh para astronom sebagai danau.
 
Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan :
# [[danau tektonik]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat penurunanpanurunan muka bumi karena pergeseran / patahan
# [[danau vulkanik]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat aktivitas [[vulkanisme]] / gunung berapi
# [[danau tektovulkanik]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat percampuran aktivitas [[tektonisme]] dan [[vulkanisme]]
# [[danau bendungan alami]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat [[lembah]] sungai terbendung olehulih aliran [[lava]] saatwayah [[erupsi]] terjadi
# [[danau karst]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat pelarutanpalarutan tanah kapur
# [[danau glasial]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat mencairnya es / keringnyakaringnya daerah es yang kemudian terisi air
# [[danau buatan]] yaitu danau yangnang terbentuktabantuk akibat aktivitas manusia
 
== Danau terkenal ==
[[BerkasFile:Danau Toba.jpg|240px|thumb|[[Danau Toba]] di [[Sumatra]], [[Indonesia]].]]
* Danau terbesar di dunia adalah [[Laut Kaspia]]. Dengan luas permukaan 394.299 [[kilometer persegi|km²]], ia memiliki wilayah yangnang lebihlabih besarganal dari enamanam danau terbesartarganal berikut digabungkan menjadi satuasa.
* Danau airbanyu tawar terbesartarganal, dan keduakadua terbesartarganal adalah [[Danau Superior]] denganlawan luas permukaan 82.414 km².
* Danau terdalamtadalam adalah [[Danau Baikal]] di [[Siberia]], denganlawan kedalamankadalaman 1.741 [[meter]] (5.712 [[kaki]]).
* Danau tertinggi yang dapat dinavigasi adalah Danau [[Titicaca]], pada ketinggian 3.821 m di atas permukaan laut. Dia jugajua merupakan danau terbesartarganal kedua di [[Amerika Selatan]].
* Danau terendahtarandah di dunia adalah [[Laut Mati]], pada 396 m (1.302 kaki) di bawah permukaan laut. Dia juga merupakan danau yang memiliki konsentrasi [[garamuyah]] paling tinggi.
* Pulau terbesartarganal di tengah danau air tawar adalah [[Pulau Manitoulin]] di [[Danau Huron]], dengan luas permukaan 2.766 km².
* Danau terbesartarganal yangnang terletakta'andak di pulau adalah Danau Nettiling di [[Pulau Baffin]].
* [[Danau Toba]] di pulau [[Sumatra]] kemungkinan terletakta'andak di kawah gunung berapi pasif terbesartarganal di dunia.
 
== Lihat pula ==
* [[Daftar danau]]
* [[Daftar danau terbesar di dunia]]
* [[Daftar danau terdalam di dunia]]
* [[Fakta geografi dunia]]
* [[Kolam]]
* [[Limnologi]]
* [[Laguna]]
* [[Geografi]]
* [[Tarn (danau)|Tarn]]
 
== Pranala luar ==
Baris 159 ⟶ 148:
[[zh-yue:湖]]
[[zu:Ichibi]]
 
(BALUM TUNTUNG LAGI NIH ARTIKALNYA)