Wikipidia:Warung Kupi/Arsip/2020

Wiki Loves Folklore babak

 

Hello Folks,

Wiki Loves Love is back again in 2020 iteration as Wiki Loves Folklore from 1 February, 2020 - 29 February, 2020. Join us to celebrate the local cultural heritage of your region with the theme of folklore in the international photography contest at Wikimedia Commons. Images, videos and audios representing different forms of folk cultures and new forms of heritage that haven’t otherwise been documented so far are welcome submissions in Wiki Loves Folklore. Learn more about the contest at Meta-Wiki and Commons.

Kind regards,
Wiki Loves Folklore International Team
— Tulsi Bhagat (contribs | talk)
sent using MediaWiki message delivery (pandir) 18 Januari 2020 13.14 (+07)

Editing news 2020 #1 – Discussion tools babak

9 April 2020 02.24 (+07)

Editing news 2020 #2 babak

18 Juni 2020 03.32 (+07)

Editing news 2020 #3 babak

9 Juli 2020 19.55 (+07)

Kode Etik Universal (Universal Code of Conduct) babak

Mohon maaf bila pesan ini tidak diterjemahkan dari bahasa Indonesia. Anda dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Banjar bila perlu.

Meneruskan pesan dari tim Trust and Safety WMF:

Dalam 19 tahun terakhir, para Wikimedian telah bahu-membahu membangun sumber daya pengetahuan bebas paling besar dalam sejarah umat manusia. Dalam waktu yang singkat, Wikimedia telah tumbuh dari sekelompok kecil penyunting menjadi sebuah masyarakat besar yang terdiri atas para editor, pengembang, mitra berafiliasi, pembaca, penyumbang, dan rekan kerja sama. Anda tentu menyadari bahwa untuk komunitas masih harus bekerja keras untuk bisa mewujudkan cita-cita Wikimedia, yang terejawantahkan pada pernyataan "bayangkan sebuah dunia di mana setiap orang dapat berbagi segala macam pengetahuan dengan bebas" (imagine a world in which every single human being can freely share in the sum of all knowledge).

Di sisi lain, komunitas Wikimedia masih belum memiliki panduan yang jelas dan mengikat untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana pengetahuan bebas dapat dibagikan tanpa sebarang ketakutan. Untuk menciptakan hal itu, perlulah dijamin keamanan dan kenyamanan semua orang yang ingin berbagi pengetahuan secara bebas, sehingga dapat mendorong mereka untuk bergabung dan berkontribusi. Singkatnya, diperlukan sebuah panduan yang dapat membangun sebuah lingkungan yang inklusif, konstruktif, dan mendorong pembebasan pengetahuan.

Selama ini, telah ada perbincangan atas perlunya sebuah peraturan perilaku global yang mengikat seluruh komunitas Wikimedia. Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah mengumumkan Community Culture Statement yang menjadi panduan untuk mencegah pelecehan dan menganjurkan inklusivitas di seluruh proyek Wikimedia. Sebagai pelaksanaan dari pernyataan tersebut, sebuah Kode Etik Universal (Universal Code of Conduct) akan diadakan sebagai standar minimum di seluruh proyek Wikimedia dan akan berlaku bagi para sukarelawan maupun staf Wikimedia di seluruh dunia. Kode Etik ini akan menjadi dasar pertimbangan dalam seluruh kegiatan di Wikimedia, baik itu pada tingkat proyek, kelompok, maupun perseorangan.

Mari berpartipasi dalam perbincangan mengenai Kode Etik Universal ini: apa yang mesti diatur dan tidak perlu diatur, bagaimana cara peraturan ini berkembang dan diterapkan, dan apa untung-ruginya bagi komunitas Wikimedia. Komunitas Anda adalah bagian dari Wikimedia, dan suara Anda amat berharga. Anda dapat memulai dengan membaca rancangan Kode Etik Universal dan membincangkannya di halaman diskusinya.

Agar lebih banyak anggota komunitas Wikimedia yang berpartisipasi, Anda dianjurkan untuk menerjemahkan rancangan Kode Etik Universal ke dalam bahasa Anda. Perlu dicatat bahwa jika halaman Kode Etik Universal tersebut belum diterjemahkan ke dalam bahasa Anda, usulan atau tanggapan dalam bahasa selain Inggris pada diskusi yang dimulai dengan bahasa Inggris akan tetap diterima.

Salam, David Wadie Fisher-Freberg (pandir) 15 Juli 2020 01.39 (+07)

Wadah ngaran Portal wan Portal talk kadada di Wikipidia Banjar babak

Panjatuan suara lanjutan babak

Gambut babak

Bahasa Banjar gambut itu gambut atau gumbut? ―Rex AurōrumDisputātiō 8 Uktubir 2020 07.36 (+07)

@Rex Aurorum: Berdasarkan s:id:Kamus Bahasa Banjar Dialek Hulu-Indonesia, bahasa Banjarnya gambut nitu gambut. Mnafisalmukhdi1 (pandir) 8 Uktubir 2020 09.15 (+07)
Kalau dialek lainnya? Soalnya saya menemukan kata 'gumbut' sebagai bahasa Banjar di beberapa referensi. ―Rex AurōrumDisputātiō 8 Uktubir 2020 09.25 (+07)
@Rex Aurorum:. Saya tidak tahu karena hanya itu dialek yang saya gunakan. Berdasarkan analisa saya, kebanyakan artikel di Wikipedia bahasa Banjar kebanyakan menggunakan dialek hulu. Mnafisalmukhdi1 (pandir) 9 Uktubir 2020 09.59 (+07)
Terima kasih atas penjelasannya. ―Rex AurōrumDisputātiō

Rekomendasi Strategi Gerakan Wikimedia 2030 babak

Halo semua,

Wikimedia Indonesia akan mengadakan pertemuan dengan komunitas untuk membahas Strategi Gerakan Wikimedia 2030. Saat ini, ada 10 rekomendasi yang tertuang dalam Strategi Gerakan Wikimedia 2030. Kami mengundang rekan-rekan komunitas untuk menentukan prioritas dari 10 rekomendasi yang ada. Pertemuan akan diadakan pada hari Jumat, 23 Oktober, pukul 18.30-19.30 WIB melalui Google Meet berikut ini: https://meet.google.com/ysj-eyht-tny.

Rekomendasi Strategi Gerakan Wikimedia 2030 dalam bahasa Indonesia sudah tersedia di sini: https://meta.wikimedia.org/wiki/Strategy/Wikimedia_movement/2018-20/Recommendations/id

Jika saat membuka masing-masing rekomendasi munculnya bahasa Inggris, silakan klik tulisan "bahasa Indonesia" yang ada di atas halaman.


Terima kasih
Hillun Vilayl Napis (WMID) (pandir) 22 Uktubir 2020 15.24 (+07)

Global bot policy proposal: invitation to a Meta discussion babak

Beasiswa Daring babak

Mempertimbangkan kondisi pandemi yang tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat, Wikimedia Indonesia memberikan beasiswa daring bagi sukarelawan proyek Wikimedia. Beasiswa daring ini dapat Anda gunakan untuk kegiatan daring yang bertujuan memperbaiki kualitas infrastruktur dan konten proyek Wikimedia dalam bahasa Indonesia dan daerah.

Karena hanya mendukung kegiatan daring, beasiswa ini hanya mendanai paket internet dan konsumsi harian. Komponen-komponen tersebut mengacu pada standar keuangan Wikimedia Indonesia, yaitu maksimal Rp200.000 untuk paket internet per kegiatan dan maksimal Rp100.000 untuk konsumsi per hari. Tenggat permohonan 15 Desember 2020.

Selengkapnya di Beasiswa Daring.

Cahyo (WMID) (pandir) 30 Nupimbir 2020 17.57 (+07)