Galambang Dua Puluh atawa G20 (basa Inggris: Group of Twenty) adalah galambang nang tadiri matan 19 nagara lawan paikunumian ganal di dunia ditambah lawan sabuting pahimpunan antarpamarintah wan supranasiunal, yaitu Uni Eropa. Secara resmi G20 dinamakan The Group of Twenty (G20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum antar pemerintah yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia. Pertemuan perdana G20 berlangsung di Berlin, 15-16 Desember 1999 dengan tuan rumah menteri keuangan Jerman dan Kanada.[1]

G20
Group of Twenty
██ Nagara angguta G-20

██ Angguta Paasaan Irupa nang kada dibadali ulih sabuting nagara saurang

██ Tamu saru
SingkatanG-20
Tanggal pandirian26 Siptimbir 1999; Galat skrip: tidak ada modul tersebut "TimeAgo". (1999-09-26)
2008 (2008) (Patamuan kapala nagara atawa kapala pamarintah)
MacamForum konsultasi
Tujuan"Mawadahi nagara-nagara industri wan bakambang sacara baimbai mamandirakan bamamacam masalah kunci di bidang ikunumi dunia."
Tampat
Jumlah anggota
Katua
Bendera Indunisia Joko Widodo, Parisidin Indunisia
Situs webg20.org

Latar belakang pembentukan forum ini berawal dari terjadinya Krisis Keuangan 1998 dan pendapat yang muncul pada forum G7 mengenai kurang efektifnya pertemuan itu bila tidak melibatkan kekuatan-kekuatan ekonomi lain agar keputusan-keputusan yang mereka buat memiliki pengaruh yang lebih besar dan mendengarkan kepentingan-kepentingan yang barangkali tidak tercakup dalam kelompok kecil itu. Kelompok ini menghimpun hampir 90% produk nasional bruto (PNB, GNP) dunia, 80% total perdagangan dunia dan dua per tiga penduduk dunia.

Sebagai forum ekonomi, G20 lebih banyak menjadi ajang konsultasi dan kerja sama hal-hal yang berkaitan dengan sistem moneter internasional. Terdapat pertemuan yang teratur untuk mengkaji, meninjau, dan mendorong diskusi di antara negara industri maju dan sedang berkembang terkemuka mengenai kebijakan-kebijakan yang mengarah pada stabilitas keuangan internasional dan mencari upaya-upaya pemecahan masalah yang tidak dapat diatasi oleh satu negara tertentu saja.

Jujuhutan babak


Kasalahan pangutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan

  1. ^ What is the G-20 Archived 2008-11-06 at the Wayback Machine Situs resmi G20