Wikipidia:Warung Kupi (Kabijakan)

Warung Kupi - cangkurah usulan hanyar   kirim tupik hanyar
WP:WKK

Bagian ngini gasan mamandirakan kabijakan-kabijakan atawa paduman nang hudah ada dan mamandirakan proposal kabijakan hanyar

Ingati, lah, bari tanda tangan wan tanggal pada uncit pasan Pian lawan cara mangatikakan ~~~~. Harap manambahakan tupik hanyar wastu di bagian bawah laman ngini.

Citakan:Navigasi arsip warung kupi (periode)

Warung Kopi
Warung Kopi
Kebijakan
Kebijakan
Usulan
Usulan
Teknis
Teknis
Bahasa
Bahasa
Habar
Habar
Lain-lain
Lain-lain
Komunitas
Komunitas
Semua
Semua
Bulik ka atas
Bulik ka atas


Padoman Pangaranan (ngaran-ngaran géografis) babak

Ngini sahibar usul aja pang, mudah-mudahan kawa kita musyawarahkan baimbayan supaya dapat mufakat. Marga Bahasa Banjar kada baisi padoman rasmi nang walih, kadada salahnya kita ma'ambil contoh dari Wiki lain (khususnya Bahasa Indonesia: http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_penamaan).

  1. Utama'akan mambari ngaran padanan dalam Bahasa Banjar atawa Bahasa Indonésia lamun ada. Contoh: labih baik "Walanda" daripada "The Netherlands" sabab ngaran itu labih akrab gasan buhan Banjar.
  2. Lamun kadada padanannya, tolong bariakan ngaran dalam bahasa setempat, hindari mambari ngaran dalam Bahasa Inggris. Contoh: Jangan mambari ngaran "Cologne" nang matan Bahasa Inggris. Baik maambil ngaran matan aslinya "Koln". (http://id.wikipedia.org/wiki/Koln)
  3. Khusus gasan ngaran nang diambil matan bahasa asing, harap disasuai'akan lawan palafalan nang gampang dimangarti buhan Banjar. Contoh: Marga kita kada mamakay "Moscow" nang matan Bahasa Inggris, kita ambil ngaran matan bahasa aslinya "Moskva" nang dilafalakan "Moskwa". (http://id.wikipedia.org/wiki/Moskwa)
  4. Jadiakan ngaran Bahasa Inggris jadi alternatif nang panghabisan haja. Lamun mamakay ngaran Bahasa Inggris, sasuai'akan palafalannya.

Sabulujurannya Wikipedia Bahasa Indonesia balum konsistén jua pang pakai padoman ngini. Contohnya: http://id.wikipedia.org/wiki/Swaziland. Lamun mamakay padoman no.2, maka saharusnya pakay "Swatini" daripada "Swaziland" nang diambil matan Bahasa Inggris. Atawa contoh lain, "Cyprus" saharusnya jadi "Saipres" lain "Siprus" lamun umpat No. 4. "Seychelles" atawa "Vientiane" bahkan kada ditransliterasi sama sakali. Tagal pada umumnya padoman ini sudah cukup baik praktéknya di Wikipedia Bahasa Indonesia.

Harapan ulun, mudahan padoman pangaranan ini kawa ancap disah'akan supaya kadada proyék nang tamandak lagi. Jiwa Matahari 15:27, 18 Disimbir 2010 (ICT)

Ulun magun balum bakumintar labih lanjut. Handak mamahami 'hulu pandiran Pian di atas. Hadangi babarapa hari. --Ezagren bapandir 10:01, 20 Disimbir 2010 (ICT)
  • Babarapa istilah nang dipakai dalam Hikayat Banjar (1663): Siam (Thailand), Cina (Tiongkok), Makkau (Makau), Walanda (Belanda), Jampun (Jepang), Kaling (Keling/Tamil), Hujarat (Gujarat), Campa (Veitnam Selatan), Mangkasar (Makassar), Bantan (Banten), Karasikan (mungkin Kapulawan Sulu).
  • Bahasa Malayu bahari (ta'umpat Banjar) banyak maambil matan bahasa Arab, umpamanya Yunani (Greek), Kaherah (Cairo), Baitul Makdis (Yerusalem), dll.

Alamnirvana 13:09, 22 Disimbir 2010 (ICT)

Terima kasih, Alamnirvana. Ngaran-ngaran nang ada sejarahnya kaya itu baik banar. Gujarat disambatnya "Hujarat" lah? Pasti marga maumpati Walanda nang menyambat "g" sawagay "kh". Ngaran Arab perasa ulun baik jua lamunnya dasar lazim kita pakay nang kaya contoh-contoh pina nitu. Jiwa Matahari 14:55, 22 Disimbir 2010 (ICT)

Kumintar Ezagren babak

  • Numur 1, satuju/hakun haja. Walanda ngitu labih akrab memang matan Netherland.
  • Numur 2, nangitu sipatnya kada tatap. Bisa haja baubah sasuai lawan waktu kaina. Pilipina gin jua mahindari palafalan dalam Inggris dan disasuaiakan lawan pafalan urang Tagalog.
  • Numur 3, jaka cuntuhnya "Moskva" jadi "Moskwa", ngalih jua dilafalakan urang Banjar. Moskow magun labih baik.
  • Numur 4, silakan tarjamahakan Daptar nagara di dunia manurut usulan pian numur 4 ngintu. Kalu kada serak di hati, kaina ulun ubah babakan pian. --Ezagren bapandir 18:22, 22 Disimbir 2010 (ICT)

Panulisan ngaran daerah babak

Ulun handak mausul, dimapa amunnya panulisan ngaran daerah mamakai hurup nang sebujurannya haja? misalnya kabupaten "Tabalong" jangan ditulis "Tabalung". Fani 00:10, 7 Agustus 2011 (ICT)

setuju Riemogerz 21:50, 28 Agustus 2011 (ICT)
Sabujurnya aslinya Tabaluung. Ezagren bapandir 12:43, 29 Agustus 2011 (ICT)

Usulan gasan maulah katantuan di WBB babak

Ulun ma'usulakan amun kita baisi jua kariteria gasan artikal di WBB, jangan kaya artikal Bahasa Palémbang‎, nang manurut ulun kurang sasuai di andak di Wikipidia,, nang pasnya nintu amun manurut ulun diandak di Wikikamus atawa Wiktionary pang... kayapa amun manurut sampian barataan ?? - RieMogerztalk 3 Januari 2012 19.39 (ICT)

Undangan urun pikiran dalam konsultasi Kode Etik Universal babak

Salam,

Anda diundang untuk ikut urun pikiran dan gagasan pada proses konsultasi tahap kedua Kode Etik Universal (UCoC). Konsultasi tahap kedua UCoC akan berfokus pada perumusan mekanisme penerapan dan penegakan yang efektif dan berlaku bagi seluruh proyek-proyek Wikimedia. Tahap kedua ini penting mengingat UCoC merupakan salah satu mandat utama dari proses Strategi Gerakan Wikimedia dan akan menjadi standar minimum bagi kebijakan tingkah laku di proyek-proyek Wikimedia. Komunitas bahasa Banjar, sebagai bagian dari komunitas Wikimedia di Indonesia, akan memainkan peran yang penting dalam penegakan UCoC berdasarkan nilai-nilai lokal, pengalaman terdahulu, ingatan institusional, dan kearifan budaya yang berlaku di sini.

Kami menyediakan beberapa bahan bacaan yang dapat membantu Anda mengetahui dasar-dasar mengenai UCoC. Anda dapat membaca rancangan akhir UCoC yang disusun oleh komite staf dan sukarelawan Wikimedia; laporan akhir dari konsultasi tahap pertama mengenai perumusan UCoC; dan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait UCoC (FAQ).

Anda dapat berpartisipasi dengan berkomentar di halaman permohonan pendapat, yang akan dibuka sampai akhir bulan Februari 2021. Namun, bila Anda memiliki pertanyaan lain atau ingin menyampaikan respon yang dirasa lebih sesuai disampaikan pada ruang privat, silakan kirimkan surel atau tinggalkan pesan di halaman pembicaraan saya untuk mengatur cara komunikasi yang lebih sesuai dengan kondisi Anda.

Kami memohon maaf karena keterbatasan sumber daya, diskusi hanya dapat diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan tidak dalam bahasa-bahasa daerah lain yang dipertuturkan di Indonesia. Namun, Anda amat dianjurkan untuk berkomentar dan menyampaikan pendapat sesuai dengan kondisi komunitas Banjar.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda. Kami menunggu sumbangan pemikiran dan pendapat yang baik, dalam rangka membuat gerakan Wikimedia sebuah tempat yang lebih nyaman bagi semua orang.

Salam hangat, RamzyM (WMF) (pandir) 18 Januari 2021 06.39 (+07)

Halo semua. Untuk mengetahui secara lebih spesifik lagi dari komunitas Wikimedia di Indonesia, kami mengundang Anda untuk mengisi survei tentang Kode Etik Universal di tautan ini. Terima kasih! RamzyM (WMF) (pandir) 10 Pibuari 2021 14.40 (+07)

Invitation to join the UCoC Roundtable Discussions babak

You are invited to participate in the Roundtable Discussions about how to enforce the Universal Code of Conduct within the Wikimedia movement. There are two Zoom calls scheduled at 15 May and 29 May, both at 15:00-16.30 UTC. Please sign your name here if you are interested. Should you have any questions, please contact RamzyM (WMF). Thank you! MediaWiki message delivery (pandir) 6 Mai 2021 04.48 (+07)

Undangan forum diskusi virtual UCoC babak

Rekan-rekan Wikimedian: Anda diundang untuk ikut serta dalam forum diskusi virtual mengenai Kode Etik Universal (UCoC) pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, pukul 05.00-06.30 (12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT). Topik diskusi pada kali ini adalah seputar penegakan UCoC di proyek dan komunitas Wikimedia. Apabila Anda memiliki pertanyaan, sila hubungi Ramzy Muliawan. Kami tunggu kedatangan Anda! MediaWiki message delivery (pandir) 3 Juni 2021 16.43 (+07)

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 babak

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan dimulai pada tanggal 4 Agustus 2021. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, 20 orang calon telah ditetapkan untuk pemilihan tahun ini.

Dewan Pengawas mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Seluruh anggota Gerakan Wikimedia berkesempatan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ini. Dewan Pengawas kemudian diperkirakan akan memilih empat calon yang mendapatkan suara terbanyak untuk mulai bertugas pada bulan September. Para anggota terpilih akan bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun.

Bagaimana caranya Anda dapat terlibat?

Ketahui lebih banyak tentang para calon

Para calon yang berasal dari berbagai komunitas Wikimedia telah mengajukan pencalonan mereka. Anda disarankan untuk mempelajari tentang visi-misi para calon sebelum memilih. Anda juga dapat memberikan pertanyaan untuk dijawab para calon selama periode kampanye. Para calon akan menjawab pertanyaan yang dikumpulkan oleh Komite Pemilihan di Meta. Dalam beberapa minggu ke depan, para calon juga akan memiliki kesempatan untuk menayangkan video presentasi tentang pencalonan mereka.

Ikut serta dalam kampanye

Tim fasilitasi pemilihan sedang merencanakan beberapa kegiatan selama periode kampanye. Lihat informasi mengenai hal ini pada halaman pemilihan di Meta.

Anggota komunitas dianjurkan untuk mengorganisir kegiatan pada masing-masing komunitas mereka. Kami meminta agar setiap kegiatan yang melibatkan para calon agar memperhatikan komitmen waktu individu, karena proses pencalonan dan pemilihan amat memakan waktu. Harap cantumkan kegiatan kampanye yang Anda rencanakan pada halaman pemilihan Dewan Pengawas di Meta, sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Anda juga dapat meminta bantuan dari para fasilitator dan sukarelawan pemilihan.

Gunakan hak pilih

Pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengurus tahun 2021 berlangsung dari 4 hingga 17 Agustus 2021. Komite Pemilihan telah menetapkan sistem Single Transferable Vote sebagai sistem penghitungan suara dan penetapan keputusan. Informasi lebih lanjut mengenai syarat pemilih, proses, dan pertanyaan yang kerap ditanyakan mengenai pemungutan suara.

Single Transferable Vote

Sistem pemilihan ini memungkinkan para pemilih untuk mengurutkan pilihan mereka sesuai preferensi. Ini memudahkan Anda untuk menjelaskan siapa yang Anda inginkan, ketimbang metode dukung atau tolak yang biasa digunakan. Jika calon pilihan pertama Anda telah memiliki cukup suara untuk terpilih, suara Anda akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Jika calon pilihan pertama Anda tidak akan terpilih, suara Anda juga akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Lihat contoh yang telah dipersiapkan oleh tim fasilitasi di sini. Informasi lebih yang lengkap akan tersedia pada pertengahan bulan Juli.

Kami berharap Anda dapat menyebarkan informasi mengenai pemilihan ini seluas-luasnya dan membantu Yayasan Wikimedia memiliki anggota Dewan Pengawas dengan kualitas yang baik, sehingga dapat mewujudkan dan melindungi kepentingan gerakan dalam beberapa tahun ke depan.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

MediaWiki message delivery (pandir) 2 Juli 2021 17.19 (+07)

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 2 babak

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 2, Juli 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi kedua nawala Kode Etik Universal (UCoC)! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Komite Perumus telah mengadakan beberapa pertemuan awal untuk menghubungkan dan menyelaraskan topik kunci mengenai penegakan, dengan mempertimbangkan penelitian terdahulu mengenai proses yang sudah ada dan celah yang masih harus diisi oleh gerakan Wikimedia. (terus baca)
  • Laporan Penelitian Target Gangguan Keamanan - Untuk mendukung pekerjaan Komite Perumus, Yayasan Wikimedia telah mengadakan sebuah proyek penelitian yang mengkaji pengalaman gangguan keamanan di proyek-proyek Wikimedia. (terus baca)
  • Konsultasi Fungsionaris - Sejak bulan Juni, pengguna dengan status fungsionaris dari berbagai proyek Wikimedia telah mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana UCoC akan berlaku dalam konteks global Wikimedia. (terus baca)
  • Forum Diskusi Virtual - Tim fasilitasi UCoC kembali menggelar forum diskusi virtual untuk anggota komunitas berbahasa Korea dan dari proyek-proyek di wilayah ESEAP lainnya untuk mendiskusikan mengenai penegakan UCoC. (terus baca)
  • Penerapan Awal UCoC di Beberapa Komunitas - Sejak ratifikasi UCoC oleh Dewan Pengawas pada bulan Februari 2021, UCoC sudah mulai diadopsi dan diterapkan pada komunitas Wikimedia. (terus baca)
  • Masa Kerja Baru untuk Komite Peninjau Perkara Sementara Trust & Safety - Pada awalnya, CRC diperkirakan untuk menyelesaikan mandatnya pada tanggal 1 Juli. Namun begitu, seiring dengan perkembangan UCoC yang diperkirakan baru akan selesai pada bulan Desember, masa kerja CRC juga telah disesuaikan. (terus baca)
  • Wikimania - Tim UCoC berencana untuk menggelar diskusi termoderasi yang melibatkan perwakilan dari berbagai belahan gerakan Wikimedia pada Wikimania 2021. Kami juga akan hadir pada Community Village. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai UCoC, silakan hubungi fasilitator tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan untuk komunitas Indonesia dan ESEAP, RamzyM (WMF).

-- MediaWiki message delivery (pandir) 14 Juli 2021 20.58 (+07)

Pendaftaran calon anggota Komite Perumus Piagam Gerakan babak

Tim Strategi Gerakan mengundang Anda untuk mendaftar menjadi anggota Komite Perumus Piagam Gerakan. Periode pendaftaran dimulai pada 2 Agustus 2021 dan berakhir pada 1 September 2021.

Para anggota Komite diharapkan dapat mewakili tingkat keberagaman dalam gerakan Wikimedia. Hal ini diukur melalui faktor gender, bahasa yang dipertuturkan, geografis, dan pengalaman berpartisipasi dalam proyek Wikimedia, organisasi mitra, dan Yayasan Wikimedia.

Kefasihan berbahasa Inggris tidak diperlukan untuk menjadi anggota Komite. Jika diperlukan, jasa penerjemahan dan penafsiran akan disediakan. Anggota Komite akan mendapatkan tunjangan sebesar US$100 setiap dua bulan untuk membantu biaya keikutsertaan yang mungkin diperlukan.

Kami mencari individu yang memiliki kemampuan berikut ini:

  • Mampu menulis secara kolaboratif (pengalaman yang demonstratif dapat menjadi nilai tambah)
  • Bersedia untuk mencari jalan tengah.
  • Berfokus pada inklusi dan keberagaman.
  • Mengetahui seluk-beluk konsultasi komunitas.
  • Memiliki pengalaman komunikasi antarbudaya.
  • Memiliki pengalaman dalam tata kelola organisasi nirlaba atau komunitas.
  • Berpengalaman dalam bernegosisasi dengan pihak-pihak yang berbeda.

Komite ini diperkirakan akan beranggotakan sekitar 15 orang. Jika ada 20 calon atau lebih, akan dilangsungkan proses pemilihan dan seleksi. Jika ada 19 calon atau kurang, proses seleksi akan berlangsung tanpa pemilihan.

Mari sertai langkah maju gerakan Wikimedia! Calonkan diri Anda mulai minggu depan pada halaman ini. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi strategy2030 wikimedia.org atau Ramzy Muliawan, fasilitator tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan untuk komunitas Indonesia.

-- MediaWiki message delivery (pandir) 28 Juli 2021 06.45 (+07)